Kamis, 22 November 2012

Bank Dunia Peringatkan Peningkatan Suhu 4 Derajat Celsius

    Bank Dunia memperingatkan, suhu global dapat meningkat empat derajat Celsius abad ini bila pencegahan tidak segera dilakukan, yang berpotensi merugikan kota-kota miskin dan yang terletak di pesisir.

    Bank Dunia mengaitkan kekayaan masa depan planet ini — terutama di wilayah berkembang — dengan upaya mengurangi emisi gas rumah kaca dari sumber-sumber seperti produksi energi.


    "Waktunya sangat, sangat singkat. Dunia harus mengatasi masalah perubahan iklim dengan langkah agresif," kata Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim saat konferensi pers penerbitan laporan untuk pemberi pinjaman global.

    "Kita tidak akan pernah mengakhiri kemiskinan jika tidak mengatasi perubahan iklim. Ini adalah salah satu tantangan terbesar bagi keadilan sosial saat ini."

    Penelitian menunjukkan, suhu Bumi bisa meningkat empat derajat Celsius di atas tingkat pra-industri pada awal 2060-an jika janji-janji pemerintah untuk memerangi perubahan iklim tidak terpenuhi.

    Bahkan jika banyak negara memenuhi perjanjian iklim saat ini, masih ada kemungkinan kenaikan empat derajat sekitar 20 persen pada 2100. Penelitian mengatakan, kenaikan tiga derajat mungkin akan terjadi. Negosiasi iklim yang dipimpin PBB telah berusaha membatasi kenaikan suhu tidak lebih dari dua derajat.

0 komentar:

Posting Komentar