Jumat, 02 November 2012

Tari Kecak

 

    Salah satu tarian Balivyang terkenal adalah Tari Kecak. Tari Kecak ditarikan oleh puluhan laki-laki dengan pakaian bawah bermotif kotak-kotak hitam putih. Tarian ini menggambarkan pasukan kera sebagai pengikut Prabu Rama.

    Tari Kecak ini diiringi musik, melainkan menggunakan suara para penari sendiri yang berbunyi "cak-cak-cak". Suara itu dinyanyikan secara bersaut-sautan oleh para penari. Jadi terdengarlah suara nyanyian yang terdengar unik.
    Tari Kecak ini tergolong sendratari (seni drama dan tari), karena menampilkan beberapa adegan dalam bentuk tarian, tetapi tidak ada dialog. Salah satu adegan dalam tari ini menggambarkan penculikan Dewi Shinta oleh Rahwana. Dewi Sinta dapat diculik setelah Rahwana menyamar sebagai seorang kakek tua, dan dibantu prajuritnya yang menyamar sebagai kijang kencana. Kijang yang berhasil memikat hati Dewi Sinta, keluarlah Dewi Sinta dari lingkaran pelindung yang dibuat oleh Prabu Rama. Disambarlah Dewi Sinta oleh Rahwana terbang ke negeri Ngalengka. Jatayu, burung raksasa sahabat Rama berusaha merebut Dewi Sinta, tetapi tidak berhasil akhirnya terbunuh pleh Rahwana. Begitu ceritanya dan masih ada kelanjutan dari sendratari Tari Kecak.

0 komentar:

Posting Komentar