Jumat, 12 Oktober 2012

Bulu Tubuh Tidak Tumbuh

    Pria 17 tahun lazimnya masuk masa puber. Kondisi itu, antara lain, ditandai dengan pertumbuhan bulu tubuh. Yaitu rambut kemaluan (pubes) dan kumis. Yang terjadi dengan masa puber adalahpeningkata produksi hormon testosteron dalam jumlah yang cukup. Hormon testos teron yang diproduksi testis, oleh enzim 5-alfa reductase akan diubah menjadi DHT (dihydrotestosterone).
    Hormon DHT inilah yang memengaruhi pertumbuhan bulu tubuh terkait dengan tanda seks sekunder. Diantaranya rambut pubes. Jika pada umur sekarang belum terjadi pertumbuhan pubes dan kumis, mungkin ada keterlambatan datangnya masa puber atau kekurangan enzim 5-alfa reductase. Ada kondisi lain, yakni gangguan genetis. Agar tahu kondisi saat ini, diperlukan pemeriksaan kadar hormon LH (luteinizing hormone) dan testosteron. Jika dua hormon tersebut menunjukkan kadar yang rendah, terdapat keterlambatan masa puber.
    Pengobatannya melalui injeksi hormone LH. Jika kadar hormon testosteron menunjukkan kadar yang rendah dan hormon LH pada kadar yang tinggi, pengobatannya melalui pemberian tambahan hormon testosteron. Pertumbuhan rambut pada tubuh bisa juga disebabakan genetis. Jika orang tua minim bulu tubuh, bisa jadi kondisi minim bulu tubuh saat ini karens warisan orang tua.

0 komentar:

Posting Komentar