Kamis, 25 Oktober 2012

Manfaat Sungai

Bisakah kamu bayangkan kehidupan bumi tanpa sungai ? Wah, pasti tidak, kan ? Sungai memiliki manfaat yang sangat penting bagi kehidupan menusia.
    Sungai menjadi sumber air bersih, terutama di bagian dekat hulu sungai yang airnya belum terkena polusi.
    Sungai juga penting untuk kegiatan perikanan. Khususnya, di syngai-sungai besar yang menjadi tempat hidup beragam ikan dan hewan-hewan lainnya. Sungai-sungai besar menjadi tempat nelayan mencari mata pencaharian.
    Manfaat sungai dalam pertanian, yang tidak kalah penting, yakni sebagai sumber irigasi. Kawasan-kawasan pertanian yang subur mendapatkan pengairan dari sungai. Belakangan manusia membendung sungai sebagai sumber irigasi dan sebagai pembangkit tenaga listrik. Pembuatan bendungan-bendungan itu sangat bermanfaat.
    Para penduduk sepanjang sungai memanfaatkan air sungai untuk keperluan sehari-hari, seperti untuk air minum, memasak, mencuci dan mandi. Wah, tetapi jangan bayangkan sungai kotor seperti Ciliwung di Jakarta ya.
    Nah, teman-teman, alangkah pentingnya sungai bagi kita. Betapa indahnya jika sungai-sungai yang mengalir di kota kita jaga kebersihannya.

0 komentar:

Posting Komentar