Kamis, 11 Oktober 2012

Olahraga 20 Menit Cegah Diabetes pada Anak

    OLAHRAGA 20 menit sehari bisa menghindarkan anak-anak dari risiko diabetes. Ini hasil penelitian Catherine L. Davis dari Medical College of Georgia yang dipublikasikan di jurnal milik American Medical Association pada Selasa (18/9).
    Sebanyak 222 anak yang kelebihan berat badan dan tidak banyak beraktivitas dibagi menjadi tiga kelompok. Kelompok satu dan dua diminta berolahraga 20-40 menit sehari setelah pulang sekolah. Kelompok ketiga tidak menjalani perlakuan khusus. Ini dilakukan selama 13 pekan. Hasilnya, mereka yang aktif memiliki sedikit lemak tubuh dan risiko diabetesnya minimal. Padahal, tidak ada perubahan pola makan.
    Kondisi tersebut berlaku sama untuk anak perempuan dan laki-laki serta gejala jenis ras. Hanya, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut apakah hasil tersebut bertahan hingga mereka dewasa.
    "Semoga penelitian ini membantu pemerintah untuk merancang program aktivitas fisik yang aman untuk anak-anak demi kesehatan mereka," kata Davis sebagaimana yang dikutip ABC News kemarin (19/9).
    Menurut dia, olahraga tersebut tidak harus serius, bisa juga berupa kegiatan fisik lain yang bersifat menyenangkan. Untuk mendorong anak, bisa juga disediakan hadiah. Bukan untuk yang nilainya paling baik, tapi untuk mereka yang punya semangat tinggi. Davis menganggap masalah ini sangat penting karena sepertiga anak-anak sekolah dasar di AS mengalami kegemukan dan obesitas.

0 komentar:

Posting Komentar