Minggu, 28 Oktober 2012

Prangko Persahabatan Indonesia-Jepang

    Fungsi prangko adalah sebagai bukti pembayaran pengirim surat. Akan tetapi, prangko ternyata juga dapat menjadi tanda persahabatan dua negara, sekaligus alat untuk mengenalkan budaya. Contohnya adalah prangko yang diterbitkan oleh Pos Indonesia.

    Pertengahan bulan April 2008, Pos Indonesia menerbitkan seri prangko baru, yakni seri prangko bersama. Prangko bersama adalah prangko yang diterbitkan secara bersama-sama dengan negara lain. Prangko yang sedang diterbitkan Pos Indonesia adalah prangko bersama antara Indonesia dan Jepang. Maksudnya, perusahan pos Indonesia dan pos Jepang menerbitkan prangko dengan gambar yang sama. Perbedaannya hanya terletak pada penulisan nama negara dan besaran nilai prangko.
    Prangko bersama ini dibuat untuk memperingati 50 tahun persahabatan Indonesia-Jepang yag jatuh pada tahun 2008 ini. Selain itu, penerbitan prangko ini juga untuk memperkenalkan budaya Indonesia dan Jepang. Oleh karena itu, gambar yang dicantumkan pada prangko adalah gambar objek yang memperkenalkan ciri khas Indonesia dan Jepang. Misalnya, Danau Kelimutu, Gunung Fuji, Candi Borobudur, Pagoda Toji, bunga Raflesia Arnoldi, bunga Sakura, dan masih ada beberapa lainnya. Objek yang dipilih mewakili lima tema, yaitu pemandangan, bangunan peninggalan sejarah, flora, fauna, dan alat musik.
    Prangko bersama ini dicetak dalam jumlah terbatas. Selain itu, prangko tersebut juga tidak akan dicetak ulang. Karena itu, prangko ini akan bisa menjadi barang langka.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

thank's infonya Sis..

http://prangko-abda.blogspot.com/

Posting Komentar